30 Okt 2013

Tren Perkembangan Telematika

Seiring dengan semakin modernya masyarakat perkotaan, tentu saja di barengi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Pada dewasa ini sudah sangat jarang sekali di temukan orang yang tidak mengenal apa itu internet, pasti hampir semua orang tahu akan internet.

Apalagi di Indonesia yang memiliki keadaan geografis yang di pecah belah menjadi beberapa kepulauan, telematika sangat erat kaitannya. Sehingga, teknologi informasi dan komunikasi seperti ini pun sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Teknologi perangkat portabel iPad, Skypad, lainnya juga salah satu elemen teknologi telekomunikasi yang terus berkembang.

Teknologi pad-pad tersebut juga kian bersinergi dengan kekuatan teknologi antara lain wifi, GSM, dan lain sebagainya. Selain itu pula bermunculan perkembangan teknologi berupa modem broadband yang menggunakan signal dari selular yang semakin meluas juga semakin marak dikembangkan oleh para operator selular.

Ada pun di industri Smartphone / Ponsel Pintar yang selalu membenamkan teknologi akses internet yang terbaru dan mumpuni, contohnya saja teknologi 4g atau LTE yang saat ini hanya tersedia di negara maju. Dengan demikian perkembangan dalam dunia teknologi yang baru-baru ini banyak menyita perhatian pengguna internet yaitu cloud computing yang sedang dikembangkan juga oleh perusahaan-perusahaan IT dan internet yang besar seperti Google dan Yahoo, serta layanan-layanan web-base yang semakin mempermudah konsumen dalam penggunaannya

Tren-tren Telematika dewasa ini lebih mengarah ke point-point berikut:

  • Lebih Mobile
  • Lebih Broadband
  • Lebih Terdistribusi
  • Lebih Personal
  • Kapasitas Besar


Tidak ada komentar: