26 Nov 2013

Why I Love Manga?

Sebelum saya bercerita saya akan intermezzo sebentar. Manga dibaca [man.ga]. adalah sebuah cerita bergambar dari Jepang. Manga sendiri sudah lama ada jauh sebelum orang tua saya lahir :D. Dewasa ini manga mempunya beberapa tema cerita, misal kehidupan sehari-hari, romantis, olahraga, fantasi, petualang, dan sejarah. Manga juga punya beberapa kategori usia, misalnya Shonen untuk remaja laki-laki, shoujo untuk remaja perempuan, seinen untuk laki-laki usia dewasa, dan berbagai macam kategori lainnya. Di Jepang manga diterbitkan di majalah mingguan atau bulanan yang terkenal sih Shonen Jumps. Selain Jumps masih banyak lagi majalah lainnya. Dan setiap majalah punya ciri khas masing-masing dan pasar masing-masing. Manga di terbitkan di majalah tersebut secara bertahap, misal secara 1 bab atau chapter. Jadi jika chapter nya ini sudah terkumpul dan bisa di cetak ulang dan di jadikan sebuah komik.

Nah, setelah intermezzo sebentar, saya ingin berecerita kenapa saya sangat suka membaca manga, sebenarnya dari kecil udah suka baca manga, dulu sih manggilnya komik tapi kalau komik itu kurang spesifik sih jadi baru pas udah agak gede aja nih nyebutnya manga. Dulu baca manga sih cuma boleh minjem tetangga, atau punya kakak. Zaman itu yang ngetrend sih manga Doraemon, Detective Conan, P-Man, Ninja Hatori, Dragon Ball, sama cerita romantis shojo (kalo ini sih gak suka haha). Baru agak gedean sedikit (Smp lah) bacanya Naruto, dulu gak gitu suka baca One Piece soalnya kecil banget tulisannya. 

Koleksi manga di rumah udah lumayan banyak sampai saya sendiri bingung ini bakalan nyimpen dimana, kayanya harus bikin rak buku sih. Sebenarnya baru-baru suka beli komik secara berkala pas udah masuk kuliah ini aja, maklum keuangannya lebih baik dari pada pas zaman SMA. Pas zaman SMA suka sih beli manga, tapi cuma beberapa judul aja macam Eyeshield 21, One Piece dan Naruto untuk judul lain gak beli yah karena faktor keuangan juga ToT apalagi zaman Smp dan SD jarang-jarang belinya haha.

Apasih asiknya baca manga? Kaya anak kecil aja! Nah mungkin ini nih, pertanyaan dari hati orang tua saya, kalau saya beli manga/komik secara borongan alias dari vol 1 sampai tamat *sadis kan*. Sebenarnya manga itu gak buat anak kecil doang kok, kan manga itu banyak kategori umurnya kaya yang sudah di singgung sebelumnya. Nah terus apa sih manfaatnya, bikin rusak mata aja!. Menurut saya manfaatnya sih untuk kesenangan, melepaskan stress dan penat, tapi juga menambah ilmu. Karena dalam sebuah cerita pasti diselipkan informasi-informasi yang baru didapat pembacanya, yang pastinya gak didapet di pendidikan sekolah. Kalau mau disebutin sih banyak sih, dari pada dijabarin disini mending coba aja baca dulu pasti ada suatu sensasi yang didapat dan bakalan mikir sendiri dan terekam di memori.

Selain informasi-informasi manga juga banyak kutipan yang memotivasi, karena mungkin mangaka (pembuat manga) ingin juga menyampaikan pesan untuk para pembaca dengan cara membuat kutipan super keren dan memotivasi. Karena memang hidup itu butuh motivasi, karena tanpa motivasi untuk apa hidup? Ya kan?. Nah jadi, kemana-mana ini pembahasannya ya, yah pokoknya gitu deh cerita dari saya kali ini. Manga itu bukan cuma bacaan anak kecil karena gak mungkin anak kecil membaca konten dewasa, dan manga itu untuk semua umur deh.. Sekian~

Manga Favorite:
One Piece
20th Century Boys
Dragon Ball
Slam Dunk
Giant Killing
Eyeshield 21
Kurosagi
dan banyak lainnya

Tidak ada komentar: