28 Nov 2013

Review: Incendies (2010)



Sudah lama gak review film, kali ini mau review film yang berjudul Incendies. Film ini sudah lama keluar tepatnya 2010, tapi baru beberapa hari lalu nonton. Filmnya bagus dan memiliki ending yang bikin saya shock jujur. Film berbahasa Prancis dan ada sedikit Arab buatan Kanada ini bener-bener bagus dari segi cerita, dan juga dari segi pengambilan gambarnya.

Film bersetting pada tahun  2009, dua saudara kembar Jeanne Marwan dan Simon Marwan di hadapkan ke pengacara sekaligus bos ibunya Jean Lebel. Disana mereka diberi sebuah wasiat oleh almarhummah ibu nya yang baru saja meninggal. Diberi lah dua buah surat kepada Jeanne yang dialamatkan ke saudaranya yang lain, dan untuk Simon dialamatkan ke Ayahnya. Dan ibunya ingin wasiat itu dijalankan kedua anaknya, kalau tidak ibunya menolak untuk di makamkan secara layak.

Tapi, Jeanne dan Simon tentu saja shock karena mereka berfikir mereka tidak punya saudara lain, apalagi mereka juga berfikir ayahnya itu sudah lama wafat. Dengan pertimbangan matang Jeanne akhirnya pergi ke sebuah kota di negara dengan nuansa timur tengah. Jeanne melakukan perjalanan sendirian karena Simon merasa permintaan ibunya itu tidak masuk akal.

Selain menceritakan perjalanan Jeanne, di film ini juga terdapat sebuah cerita perjalanan ibunya yang bernama Nawal Marwan semasa muda yang dimana telah berzina dengan pria yang mungkin berbeda agama dan berbeda suku. Karena saat itu gejolak politik di negara itu sangatlah panas. Dari sudut sejarah, bisa diketahui saat itu kejadian perang saudara di Libanon. Di film ini sama sekali tidak disinggung sama sekali nama negara itu, bahkan nama kotanya saja fiksi. Karena dianggap memalukan nama keluarga, Nawal Marwan yang sudah hamil dibiarkan neneknya melahirkan akan tetapi, dia harus dipisahkan sama anaknya yang baru lahir untuk diasuh di panti asuhan. Sedangkan Nawal dititipkan di rumah pamannya di kota untuk meneruskan sekolah. Hingga suatu saat perang berkecamuk, Nawal secara nekat melakukan perjalanan mencari anaknya itu.

Film berdurasi 2 jam, ini cukup ringan untuk diikuti. Penonton tidak perlu pusing untuk memikirkan akan seperti apa akhir film ini, jadi cukup nikmati alurnya saja. Dan sampai penutupan film membuat saya sendiri itu shock, endingnya sungguh tidak terduga. Penasaran dengan endingnya seperti apa? Tonton deh di jamin gak bakalan nyesel.

Rating Imdb : 8.1
Rating saya : 9.5/10

Tidak ada komentar: