25 Mei 2016

Review: Crusader Kings 2 - Game grand strategy yang bikin lupa waktu..







Crusader Kings II adalah sebuah game grand strategi keluaran Paradox Interactive yang juga creator game dari Cities: Skyline yang jumlah penjualannya lebih dari 1 juta copy. Pada game CKII ini pemain dituntut untuk membangun dinasti (keluarga) kerajaannya menjadi yang terkuat dan terbesar.

Pada game ini terdapat beberapa skenario yang berasal dari sejarah asli pada masa zaman pertengahan. Timeline-nya sendiri berawal dari tahun 700 akhir hingga tahun 1400an. Selain bermain mengikuti kejadian asli sejarah, pemain juga bisa membuat sejarah sendiri, misalnya saja membuat kerajaan arab di dataran Irlandia dan lainnya sesuai imajinasi sang pemain.

Seperti yang sudah disinggung diatas, tujuan dari game ini adalah membangun dinasti kerajaan kita menjadi yang terkuat dan terbesar. Bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah mencaplok wilayah keluarga/kerajaan lain. Bisa dengan cara memfabrikasi klaim terhadap satu wilayah, atau juga dengan holy war, yang jelas jika kita ingin mengambil wilayah lain, kita harus memiliki casus belli yang kuat.

Wilayah-wilayah dibagi menjadi beberapa bagian, dari yang terkecil disebut county atau provinsi, county ini bisa dibuat beberapa holding berupa istana, kota dan tempat ibadah. Dalam 1 county jumlah holding yang dimiliki tidaklah sama, ada yang hanya memuat 1 holding saja, ada juga yang bisa memuat 7 holding. Lalu berikutnya adalah duchy, duchy ini berupa sekumpulan county, biasanya 1 duchy memuat 3 buah county atau lebih. Berikutnya diatas duchy adalah sebuah kingdom, yang berisikan beberapa duchy, dan yang terbesar ada empire, yang berisikan beberapa kerajaan.

Contohnya adalah: Di game ini kota London berada pada county middlesex, dan county middlesex secara dejure berada di duchy essex, dan juga secara dejure berada di Kingdom of England, dan juga secara dejure berada di Empire Brittania. Kira-kira seperti itulah pembagian wilayahnya. Biasanya pemain hanya bisa mengambil per county jika kita mencari casus belli dengan cara fabrikasi klaim, akan tetapi pemain bisa juga mengambil 1 duchy, jika dilakukan holy war, akan tetapi hal ini hanya bisa dilakukan terhadap agama yang berbeda dari pemain.

Game ini tidak selamanya perang dan mengambil wilayah lain, faktor terpenting lainnya adalah memanage dinasti itu sendiri, dimulai dari mengatur pernikahan hingga mendidik anak yang akan jadi pewaris tahta. Pernikahan berfungsi juga sebagai agenda politik, jika pemain bisa menikahi wanita dari keluarga yang kuat dan besar, maka bertambah kuat juga keluarga kita, karena dengan pernikahan tersebut kita memiliki keterikatan dengan keluarga tersebut agar tidak bisa saling menyerang, dan juga kita juga bisa beraliansi dengan mereka, hal ini bisa mendatangkan tentara bantuan yang akan memudahkan kita dalam berperang.

Kenapa game ini bisa membuat lupa waktu, karena gameplay yang ditawarkan sangatlah lama, game tidak akan selesai jika waktunya belum sampai tahun terakhir. Akan tetapi pemain juga bisa menyudahi permainan sedini mungkin dengan cara resign, lalu akan ditampilkan score yang pemain dapat selama bermain ini. Ada juga hal-hal yang membuat gameover, seperti jika kita kehilangan wilayah kita karena diserang lawan dan kita kalah, ada pula jika kita tidak berhasil mempunyai pewaris tahta yang satu dinasti maka secara automatis game akan selesai.

Sebenarnya masih banyak lagi elemen-elemen yang ada pada game ini, bisa-bisa panjang tulisan ini kalau ditulis semua. Mekanik gamenya tidaklah terlalu sulit, justru dari game-game grand strategy keluaran paradox interactive semisal Europe Universalis IV, Victoria II, Hearts of Iron III dan game terbarunya Stellaris, game CKII ini sih yang menurut saya paling mudah. Yang jelas, harus siapkan cemilan dan minuman pada saat bermain, karena game ini bisa membuat anda menjadi malas bergerak kemana-mana.

Sekian~

Tidak ada komentar: