10 Feb 2011

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

PENGERTIAN


Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang tanpa kita sadari telah sangat melekat dalam kehidupan kita, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas. Namun banyak dari kita yang tidak menyadari dan tidak mengerti akan hal itu, sehingga penerapannya dalam kehidupan menjadi sangat kurang. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap dalam kehidupannya sehari-hari.
Oleh karena itu saya akan menjelaskan pengertian Ilmu Budaya Dasar serta hubungan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita.
Secara Umum, Ilmu budaya dasar yaitu ilmu yang mengajarkan mengenai budaya atau tata cara yang seharusnya diterapkan oleh seseorang dalam kehidupannya, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas.
Maksudnya adalah bagaimana kita harus bersikap dalam aspek kehidupan yang berbeda-beda sehingga kita dapat menempatkan diri pada situasi apapun yang akan kita hadapi.

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :


1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya


2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :


1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan




Peranan Ilmu Budaya Dasar
Didalam kehidupan sehari-hari peran ilmu budaya dasar yaitu pada saat kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sering kali membingungkan kita. Ini sangat penting dalam mengambil keputusan-keputusan dalam hidup kita. Serta bagaimana ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap kita terhadap anggota keluarga kita, bagaimana kita seharusnya bersikap agar tidak mengecewakan keluarga, terutama orang tua kita. Juga didalam masyarakat luas ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam bermasyarakat. Bila kita sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akan dapat membawa diri dalam masyarakat.

Kritik Dan Saran

Kritik dan saran saya terhadap pembangunan budaya bangsa dengan menerapkan ilmu budaya dasar yaitu :
Kita perlu tahu bahwa adanya bangsa asing yang ingin selalu menguasai budaya kita bangsa Indonesia menurut saya itu yang sangat menghambat pertumbuhan dan perkembangan budaya kita sendiri. Kini banyak sekali para pemuda dan pemudi yang telah terjerumus dengan budaya kinsumtif dan hedonis, padahal dalam budaya kita atau ketimuran yang seperti itu sangatlah buruk karena tidak sesuai dengan budi pekerti dan norma yang ada.
Kita bisa membentengi itu semua dengan cara memfilter arus pergaulan kita, agar kita tidak terbawa arus budaya hedonisme dan konsumtif.
Sumber: http://dimyati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18332/bab1-tinjauan_tentang_ilmu_budaya_dasar.pdf
http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/

Tidak ada komentar: