28 Sep 2015

Marketing Mix 7p: M-Kios

Pendahuluan


Marketing Mix atau Bauran Pemasaran secara definisi adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne, 1995:31).

Pada tugas marketing mix ini saya akan menganalisa strategi marketing mix yang digunakan pada badan usaha M-Kios. M-Kios adalah badan usaha yang dimiliki Telkomsel untuk melakukan penjualan pulsa secara elektronik seperti melalui sms, atau internet.

Berikut ini adalah pembahasan dari strategi marketing mix 7p pada M-Kios.

1. Product (Produk)


Produk yang dijual M-Kios adalah pulsa seluler dari provider telkomsel, seperti Kartu Halo, Kartu As, Loop, dan Simpati. Pulsa yang dijual beragam nominalnya, mulai dari Rp.5000 sampai Rp.100.000 atau lebih sesuai kebutuhan. Akan tetapi produk-produk tersebut hanya ditawarkan kepada para pihak reseller yang ingin membuat usaha penjualan pulsa.

2. Price (Harga)


Untuk penetapan price atau harga M-Kios cukup beragam tergantung nominal yang ingin dibeli, biasanya harga yang dijual lebih murah dari nominal pulsa yang ingin dibeli, misalnya jika ingin membeli pulsa nominal Rp.100.000 maka harga yang ditawarkan dibawah itu yaitu Rp.97.000.

3. Place (Lokasi)


Untuk lokasi fisik M-Kios saya kurang mendapatkan informasi, akan tetapi bisa mengunjungi website https://mkios.telkomsel.com/BME/login.action .

4. Promotion (Promosi)


Perusahaan Telkomsel dalam memasarkan M-Kios melalui pendekatan langsung kepada agen-agen pulsa atau pemilik usaha penjualan pulsa. M-Kios juga memiliki sebuah aplikasi yang bernama Mkios Catalist, yaitu aplikasi berbasih handheld yang memudahkan pengoperasian dalam mengelola bisnis M-Kios.

5. People (Orang)


People atau orang-orang yang terlibat dalam bisnis M-Kios seperti yang sudah disinggung sebelumnya, adalah orang-orang yang mempunyai usaha penjualan pulsa yang telah bermitra dengan M-Kios. Untuk karyawan telkomsel-nya yang telibat dalam sistem M-Kios, sangat disayangkan saya sebagai penulis kurang mendapat informasinya.

6. Process (Proses)


Untuk proses kerja M-Kios seperti berikut: Konsumen yang ingin membeli pulsa bisa mendatangi agen atau penjual pulsa yang ada di daerahnya, lalu para agen atau penjual pulsa bisa melakukan pemesanan pulsa melalui website atau aplikasi Mkios catalist yang akan ditujukan kepada konsumen. Setelah konsumen mendapatkan pulsanya, konsumen bisa membayar pulsa kepada para agen, untuk biaya pulsa tentu saja lebih mahal daripada nominal yang dibeli, ini dikarenakan agen tentu saja ingin mendapatkan keuntungan, karena para agen juga melakukan pembelian pulsa langsung ke M-Kios telkomsel.

7. Physical Evidence


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Physical evidence dari usaha M-Kios ini berupa website https://mkios.telkomsel.com/BME/login.action dan juga applikasi mobile Mkios Catalist. Berikut adalah contoh tampilan aplikasinya

  Mkios Catalist- screenshot thumbnail
Mkios Catalist



















Sekian tulisan dari penulis, jika ada kekurangan dalam tulisan ini mohon dimaklumkan. Karena keterbatasan informasi yang penulis dapatkan untuk menulis ini.

Sumber gambar:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cyruspad.mkios&hl=en

2 komentar:

bungbulanggarutwestjava mengatakan...

ko link nya nggak bisa dibuka bos

bungbulanggarutwestjava mengatakan...

tolong dikirim link yang bisa diambil aplikasi nya di playstore dicari nggak ada. makasih