4 Nov 2012

Western Spaghetti


Mungkin era kakek nenek kita atau bahkan orang tua kita pasti pernah dengar sama istilah tersebut. Western Spaghetti, ini gak ada kaitannya dengan makanan pasta asal itali loh, tapi ini nama sebuah genre film yang terkenal pada era 60an. Era tersebut adalah era keemasan film-film Wild West atau orang sini kenal dengan film Cowboy.

Lalu apa hubungannya dengan Spaghetti?? Spaghetti kita kenal dengan makanan khas dari negara Italia, nah film-film western tersebut di kuasai sama sutradara dan produser Italia loh, memang aneh Wild West itu identik dengan Amerika Serikat akan tetapi banyak produksi film-film dengan tema tersebut yang diproduksi oleh rumah film asal Italia.

Lokasi shooting film-film tersebut juga tidak diambil di Amerika Serikat loh, akan tetapi di ambil didaerah Mexico, Spanyol dan daerah yang memiliki nuansa daerah gurun. Mulai dari Sutradara, Produser, Kru film, dan aktor berasal dari Italia semua dan negara lainnya. Tapi ada satu aktor Amerika yang terlibat dan terkenal dengan film-film tersebut, ia tak lain adalah Clint Eastwood.

Mungkin yang pernah lihat film-film Clint Eastwood zaman dahulu kenal dan hafal dengan gayanya. Rambut pirang kecoklatan, brewok tipis dan sedikit kucel, mata menyipit menahan masuknya sinar matahari, dan mulut yang terus menghisap tembakau. Film Clint Eastwood kegemaran saya tentunya saja Trilogi Pria Tanpa Nama atau Dollars Trilogy.

Trilogi tersebut adalah film besutan sutradara asal Italia Sergio Leone, yaitu film A Fistful of Dollars, For a Few Dollars More dan The Good, the Bad and the Ugly. Kenapa saya menyebutnya dengan film Trilogi Pria Tanpa Nama? Dikarenakan di ketiga film tersebut Clint Eastwood berperan sebagai pria misterius yang tidak memiliki nama, tapi hanya punya panggilan saja seperti misalnya Blondie di film The Good, the Bad, and The Ugly.

Mungkin ada puluhan judul film yang bertema Wild West pada era tersebut, tapi tidak akan cukup jika dibahas di tulisan ini, sekian tulisan saya terima kasih banyak atas kunjungan dan waktunya :p.

Tidak ada komentar: