29 Feb 2012

Pasar Persaingan Sempurna

I. Pendahuluan

Mungkin banyak yang lupa dengan istilah Pasar Persaingan Sempurna ini. Padahal Pasar Persaingan Sempurna adalah yang cukup banyak kita temui di kehidupan sekitar. Oleh karena itu saya akan menjelaskan dimulai pengertian dari Pasar Persaingan Sempurna tersebut, Ciri-cirinya serta contohnya.

II. Teori

Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition) adalah Sebuah pasar dimana terdapat banyak jumlah penjual serta pembelinya dan produk yang didalamnya bersifat Homogen (Beragam). Selain Pasar Persaingan Sempurna terdapat juga Persaingan Tidak Sempurna. Yang berupa Monopoli, Oligopoli dsb.

III. Pembahasan

Pasar Persaingan Sempurna adalah Pasar yang disebabkan harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antarapenawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).

Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna:
  1. Produk Bersifat Homogen
  2. Pasar yang bebas dimasuki dan ditinggalkan
  3. Konsumen mengatuhui kondisi pasar
  4. Tidak ada campur tangan pemerintah
  5. Harga tidak dapat ditawar lagi
  6. Perusahaan adalah pengambil harga
Jika kita lihat dari ciri-cirinya di atas bisa kita simpulkan pada umumnya Pasar Persaingan Sempurna bisa kita temui seperti barang hasil produksi atau hasil pertanian seperti Beras, Terigu, Minyak Kelapa dsb.


Tidak ada komentar: